Meski Kalah Wales Tetap Bangga

Euro 2016

Performa impresif Wales selama pagelaran Euro 2016 akhirnya terhenti di tangan Portugal. Dalam babak semifinal melawan Portugal tersebut, Wales kalah dengan skor 2-0. Kekalahan tersebut membuat Wales gagal mengukir sejarah sebagai tim debutan pertama setelah Swedia yang langsung berhasil melaju ke final Piala Eropa.

Meski gagal ke babak final, pencapaian Wales di ajang Euro 2016 mendapatkan banyak pujian. Datang ke Perancis sebagai tim debutan yang tak diunggulkan, Wales justru tampil mengesankan. Di fase grup, anak asuhan Chris Coleman berhasil menjadi juara grup B mengungguli Inggris. Di babak perempat final lalu, Wales mampu menyingkirkan salah satu tim kuat di turnamen ini, Belgia.

Pemain andalan Wales, Gareth Bale mengaku puas dengan peforma tim yang dibelanya. Meski gagal membawa Wales ke babak puncak, Bale merasa pencapaian Wales di Euro kali ini telah melampaui ekspektasi. Bale pun yakin jika kini Wales tidak akan dipandang sebelah mata lagi oleh timnas-timnas lain.

“Saya pikir kami tampil dengan sangat percaya diri dan berkembang sebagai sebuah kesatuan. Sekarang, kami akan lebih dihormati. Kami selalu mengatakan jika kami tak hanya ingin masuk ke babak utama Euro saja, kami ingin berhasil masuk ke setiap turnamen besar yang ada,” ujar Gareth Bale.

Kebanggaan serupa juga diutarakan oleh pelatih Wales, Chris Coleman. Pelatih muda yang sukses membawa Wales masuk ke dalam babak utama Piala Eropa untuk pertama kalinya ini merasa sangat bangga dengan pencapaian anak asuhnya. Usai kesuksesan di Euro 2016 ini, Colemann beranggapan bahwa Wales telah menjadi kekuatan baru di Eropa.

“Ini adalah pengalaman yang sungguh luar biasa, turnamen ini sangat berbeda dengan apa yang kami harapkan. Saya bangga kepada seluruh pemain, seluruh warga Wales juga bangga dengan mereka. Wales telah menjadi kekuatan baru di persepakbolaan Eropa,” kata Colemann.

Peforma Wales memang sangat impresif sepanjang turnamen. Tak diunggulkan di awal, Gareth Bale justru berhasil membuat kejutan demi kejutan di Euro 2016. Kini, Wales sudah lebih dari siap untuk menuju ke ajang kualifiaksi Piala Dunia 2018.