Gagal Memang, Duka dan Kecewa Melanda Timnas Perancis

Euro 2016

Kekecewaan melanda kubu timnas Perancis usai laga final Euro 2016 melawan Portugal. Laga yang dimenangkan oleh Portugal tersebut menjadi mimpi buruk bagi Perancis yang menjadi tuan rumah di perhelatan empat tahunan tersebut. Seluruh pemain, pelatih dan official timnas Perancis tak bisa menyembunyikan kesedihan dan kekecewaannya seusai laga.

Perancis tampil cukup dominan sejak pertandingan dimulai. Namun solidnya lini belakang Portugal membuat para pemain Perancis sulit mengembangkan permainan. Bahkan setelah Cristiano Ronaldo ditarik dari luar lapangan karena cedera, Perancis masih tetap kesulitan membongkar pertahanan Portugal.

Pelatih Perancis, Didier Deschamps mengaku sangat kecewa dengan kegagalan di final ini. Dalam konfrensi pers usai laga, Deschamps mengaku kehilangan kata-kata untuk mendeskripsikan kekalahan menyakitkan tersebut.

“Tak ada kata-kata yang bisa menjelaskan, kekecewaan sudah pasti, butuh waktu lama untuk melupakan hal tersebut. Kami menang bersama, kami menderita bersama, dan kini kami kalah juga bersama-sama,” ujar Didier Deschamps.

Kekecewaan serupa juga datang dari penjaga gawang sekaligus kapten tim, Hugo Lloris. Menurut Lloris, Perancis memiliki lebih banyak peluang untuk mencipatkan gol dibandingkan dengan Portugal. Dengan besar hati, Lloris mengucapkan selamat kepada timnas Portugal.

“Saya pikir kami memiliki lebih banyak peluang dibandingkan dengan mereka. Tapi, itulah sepakbola. Saya ucapkan selamat kepada timnas Portugal atas kemenangannya,” kata penjaga gawang Tottenham Hotspurs tersebut.

Penyerang andalan dan top skor Euro 2016, Antoine Griezmann juga sangat sedih atas kekalahan ini. Griezmann yang punya kesempatan emas di babak pertama gagal memberikan gol kepada Perancis. Griezmann juga memuji penampilan penjaga gawang Portugal, Rui Patricio.

“Penjaga gawang juara melakukan penyelamatan. Mereka tak banyak memiliki peluang, tapi mereka bermain dengan cukup sederhana. Kami harus segera bangkit dan segera memikirkan kualifikasi Piala Dunia. Ini bukan malam kami. Kami tak dinaungi keberuntungan,” ungkap Griezmann.

Tuan rumah Perancis yang lebih diunggulkan akhirnya gagal mengangkat trofi juara di rumah sendiri. Seperti kata Griezmann, Perancis harus segera bangkit dan mulai bersiap untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2018 Russia.