Juara Piala Eropa Dipecundangi Swiss

juara-piala-eropa-dipecundangi-swiss

Juara Piala Eropa Dipecundangi Swiss

Juara Piala Eropa 2016, Portugal harus tertunduk malu setelah dikalahkan oleh tuan rumah Swiss dengan skor 2-0. Kedua tim bertanding di stadion St. Jakob Basel, dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Russia, Rabu (7/9/2016). Dua gol Swiss di pertandingan tersebut dicetak oleh Breel Donald-Embolo dan Amir Mehmedi.

Salah satu biang keladi kekalahan Portugal di pertandingan tersebut adalah absennya bintang utama sekaligus kapten tim Portugal, Cristiano Ronaldo. CR7 tak dapat memperkuat Portugal di pertandingan tersebut karena mengalami cedera.

Usai menjuarai Piala Eropa 2016, Portugal memang diliputi euphoria yang sangat tinggi. Berkat keberhasilan di ajang empat tahunan tersebut, kepercayaan diri para pemain Portugal menjadi berlipat ganda. Namun sayang, Portugal gagal menunjukkan peforma terbaiknya ketika berhadapan dengan Swiss.

Tanpa Ronaldo, pelatih Portugal, Fernando Santos mempercayakan lini depan kepada Eder, Luis Nani dan Bernardo Silva. Sementara tuan rumah Swiss yang diarsiteki oleh Vladimir Petkovic  bertumpu kepada gelandang Arsenal, Granit Xhaxa di pertandingan tersebut.

Pertandingan berjalan cukup alot di sepuliuh menit pertama. Kedua tim sama-sama ngotot untuk meraih kemenangan. Namun, tuan rumah yang akhirnya lebih dulu mencetak gol melalui sepakan Breel-Donald Embolo di menit ke-23. Pemain yang masih berusia 19 tahun tersebut sukses menjebol gawang Portugal yang dijaga oleh Rui Ptricio.

Swiss berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-30 lewat gol yang dicetak oleh Amir Mehmedi. Gol tersebut tercipta berkat kerja sama dengan Seferovic. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Di babak kedua, Portugal yang tak ingin malu mencoba lebih aktif menyerang. Beberapa kali pelaung tercipta dari kaki Eder maupun Luis Nani. Namun, solidnya lini pertahanan Swiss malam itu membuat gawang Yann Sommer masih tetap perawan hingga akhir laga. Swiss pun akhirnya sukses meraih tiga poin dari jawara Piala Eropa tersebut.

Kekalahan ini menjadi sinyal yang buruk bagi Portugal. Sebagai juara Piala Eropa, Portugal tentu dijadikan sebagai tim unggulan yang diprediksi tak akan kesulitan untuk bisa menembus babak utama Piala Dunia 2018 Russia.

Comments are closed