Ernesto Valverde Calon Pengganti Luis Enrique

Ernesto Valverde Calon Pengganti Luis Enrique

Ernesto Valverde Calon Pengganti Luis Enrique

Sosok pengganti Luis Enrique sebagai pelatih kepala Barcelona akhirnya mulai terungkap. Kabar menyebutkan jika pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde akan segera ditunjuk sebagai pelatih baru FC Barcelona. Hal ini semakin diperkuat dengan kabar mengenai pengunduran diri Ernesto Valverde sebagai pelatih kepala Athletic Bilbao.

Sejak pengunduran diri Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona, manajemen La Blaugrana langsung bergerak cepat dengan menyeleksi beberapa nama kandidat pengganti Luis Enrique. Nama-nama seperti Jorge Sampaoli, Ronald Koeman dan juga Ernesto Valverde menjadi kandidat utama pelatih pengganti. Dari tiga nama tersebut, manajemen Barca terlihat lebih condong kepada Ernesto Valverde.

Ernesto Valverde secara resmi tidak akan menangani Athletic Bilbao musim depan. Sang pelatih pun juga membenarkan kabar jika dirinya akan melatih Barcelona di musim baru nanti. Valverde sudah lama menukangi Bilbao, tepatnya pada tahun 2013 lalu. Musim 2016/2017 ini, Ernesto Valverde membawa Bilbao ke posisi 7 klasemen akhir Divisi Primera La Liga Spanyol.

“Ernesto Valverde tidak akan meneruskan kepemimpinannya sebagai pelatih Athletic Bilbao di musim 2017/2018,” bunyi rilis resmi klub mengenai posisi Ernesto Valverde.

Jika dilihat dari segi trofi, Ernesto Valverde memang kurang mumpuni. Namun untuk kualitas sebagai pelatih, Valverde tak perlu diragukan lagi. Apalagi Valverde sudah paham dengan gaya permainan Barcelona karena dirinya pernah meniti karir sebagai pemain Barca.

Ernesto Valverde tercatat pernah menjadi pemain Barcelona dari tahun 1988 hingga 1990. Dari tiga tahun karirnya tersebut, Valverde berhasil mempersembahkan gelar Copa del Rey dan juga Winners Cup. Setelah itu dia menjadi pemain Atheltic Bilbao di sisa masa karirnya.

Sebagai pelatih, Valverde pernah menangani beberapa klub La Liga seperti Valencia dan juga Villareal. Ia juga pernah membawa klub Yunani, Olympiakos menjuarai liga domestik. Setelah menangani Olympiakos, Valverde kembali ke Spanyol untuk melatih Athletic Bilbao.

Penunjukkan Ernesto Valverde sebagai pelatih baru Barcelona tinggal menunggu waktu saja. Para pendukung El Barca tentu sudah tidak sabar untuk menunggu kiprah tim kesayangannya di bawah kendali Ernesto Valverde. Masa depan La Blaugrana akan segera berada di pundak Valverde.

 

Comments are closed