Arsene Wenger Nilai, Transfer Neymar Mencoreng Financial Fair Play

Arsene Wenger Nilai, Transfer Neymar Mencoreng Financial Fair Play

Arsene Wenger Nilai, Transfer Neymar Mencoreng Financial Fair Play

Pelatih klub Arsenal, Arsene Wenger memberikan pandangannya mengenai mega transfer yang dilakukan PSG untuk membeli Neymar dari Barcelona. PSG sukses mendatangkan Neymar dari PSG dengan rekor transfer 222 juta Euro. Melihat hal tersebut, Arsene Wenger tak terlalu senang. Menurutnya transfer Neymar telah berada di luar akal sehat.

Teka-teki mengenai kepindahan Neymar akhirnya terjawab sudah. PSG secara resmi berhasil membeli Neymar dari Barcelona dengan rekor transfer mencapai 222 juta Euro. Nilai transfer tersebut menjadikan Neymar sebagai pemain termahal di dunia, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Paul Pogba ketika dibeli Manchester United dari Juventus musim lalu.

Pro dan kontra pun langsung bermunculan setelah transfer Neymar ini terealisasi. Banyak yang beranggapan jika nilai transfer Neymar ini tidak baik bagi dunia sepakbola. Salah satu sosok yang menentang transfer yang dilakukan oleh PSG adalah Arsene Wenger. Pelatih asal Perancis itu percaya jika transfer Neymar ke PSG sudah berada di luar batas rasional.

“Bagi saya, ini adalah konsekuensi dari sistem kepemilikan klub. Hal itu telah merubah pandangan sepakbola dalam 15 tahun terakhir. Ketika suatu Negara berhasil memiliki klub, semuanya menjadi mungkin, jadi hal itu akan membuat semakin sulit untuk menghormati Financial Fair Play. Itulah mengapa saya selalu mengatakan jika sepakbola harus bisa hidup dengan sumber dayanya sendiri,” ucap Arsene Wenger.

Wenger memang dikenal sebagai pelatih atau manajer yang berhasil membangun klub untuk bisa hidup dan tumbuh dengan finansial yang kuat. Tak mengherankan jika pelatih berpengalaman ini memberikan kritiknya terhadap transfer Neymar ke PSG ini.

“Kita tak lagi berada di masa dimana Anda bisa berpikir ‘jika saya berinvestasi disana, maka saya akan mendapatkannya kembali’. Kita sekarang berada di luar itu semua. Semua angka yang ada sekarang ini melibatkan gairah, kebanggaan, perhatian publik dan Anda tidak bisa merasionalisasi hal itu lagi,” tambah Wenger.

Pembelian Neymar yang dilakukan PSG bisa membuat persaingan di dunia sepakbola menjadi semakin tak sehat. Hal ini bisa memunculkan kesenjangan antara klub yang punya finansial kuat dan klub yang kesulitan dana.

Comments are closed