Tanpa Messi, Barcelona Gagal Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Tanpa Messi, Barcelona Gagal Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Liga Spanyol

Rekor tak terkalahkan Barcelona musim ini akhirnya harus terhenti di tangan Levante. Di laga pekan ke-37 Divisi Primera La Liga Spanyol, Barcelona harus mengakui keunggulan tuan rumah Levante dengan skor 5-4. Ini adalah kekalahan perdana Barcelona di ajang La Liga musim 2017/2018. La Blaugrana pun gagal mempertahankan rekor tak terkalahkan di musim ini.

Pertandingan antara Levante melawan Barcelona memang berjalan dengan sangat seru. Di babak pertama, tuan rumah Levante secara mengejutkan mampu unggul dengan skor telak 4-1. Di babak kedua Barcelona berhasil bangkit dan dalam kurun waktu yang cukup singkat mampu menipiskan jarak menjadi 4-3. Namun tuan rumah Levante mampu mempertahankan jarak dan akhirnya sukses merebut kemenangan atas Barca.

Di pertandingan ini sendiri, Barcelona tampil tanpa pemain andalannya, Lionel Messi. Pelatih Barca, Ernesto Valverde secara mengejutkan tidak menurunkan Lionel Messi di laga ini. Tanpa Lionel Messi, permainan Barcelona memang sulit berkembang. Alhasil, mereka menelan kekalahan perdana di ajang La Liga 2017/2018.

Kekalahan ini disesali oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Menurut Valverde, kegagalan Barcelona dalam mempertahankan rekor tak terkalahkan di penghujung musim ini adalah sesuatu yang sulit untuk diterima. Meski begitu, Valverde tetap menghargai perjuangan anak asuhnya yang sempat berpeluang untuk menyamakan kedudukan.

“Saya sangat marah karena tidak bisa menyelesaikan musim ini tanpa kekalahan. Namun tidak ada hal yang bisa saya perbuat terkait hal itu. Kami harus segera melihat ke depan. Ini adalah permainan yang sangat luar biasa dari lawan kami. Kami memberikan reaksi yang bagus, kami mampu mengecilkan defisit dan sangat dekat untuk menyamakan kedudukan,” ungkap Valverde usai laga.

Kekalahan ini memang tak membuat banyak efek bagi kontestasi La Liga Spanyol. Pasalnya, Barcelona sudah lebih dulu mengamankan gelar La Liga Spanyol musim ini. Kekalahan ini hanya berdampak pada rekor tak terkalahkan Barca yang terpaksa harus terhenti di tangan Levante. Masih ada sisa satu pertandingan lagi yang akan dimainkan oleh Barcelona. Laga di kandang sendiri tersebut harusnya bisa dimenangkan oleh La Blaugrana.