Tinggalkan Gotze, Skuad Jerman Di Huni Pemain Muda Penuh Motivasi

Tinggalkan Gotze, Skuad Jerman Di Huni Pemain Muda Penuh Motivasi

Tinggalkan Gotze, Skuad Jerman Di Huni Pemain Muda Penuh Motivasi

Terjadi kejutan dalam pengumuman skuad sementara timnas Jerman pimpinan Joachim Low. Beberapa pemain ternama seperti Emre Can, Shkodran Mustafi hingga pahlawan kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014 lalu, Mario Gotze dipastikan gagal masuk skuad Jerman di Piala Dunia 2018. Hal yang mengejutkan lain adalah, Low tetap memasukkan nama penjaga gawang Bayern Munchen yang masih cedera, Manuel Neuer.

Sebagai juara bertahan, ekspektasi publik terhadap Jerman tentu sangat tinggi. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi jelang bergulirnya Piala Dunia 2018 ini. Hilangnya beberapa pemain senior yang punya pengaruh seperti Miroslav Klose, Bastian Schweinsteiger hingga Lukas Podolski akan berpengaruh besar terhadap tim ini.

Dalam pengumuman skuad sementara, Joachim Low memanggil sebanyak 27 pemain. Dari 27 nam tersebut, nantinya hanya akan dipilih 23 orang saja untuk didaftarkan pada Piala Dunia 2018 mendatang. Beberapa kejutan terjadi dalam pemanggilan nama pemain tersebut. Salah satunya adalah tidak dipanggilnya pahlawan kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2014 lalu, Mario Gotze.

Penampilan yang kurang stabil dari Mario Gotze bersama dengan Borussia Dortmund musim ini menjadi salah satu penyebabnya. Gotze gagal menjadi pemain utama di skuad Dortmund musim ini. Karena alasan itulah Joachim Low tak memanggil Gotze dan memanggil gelandang lain yang lebih produktif seperti Leon Goretzka, Sebastian Rudy dan Julian Brandt.

Salah satu keputusan lain yang juga mengejutkan banyak pihak adalah dipanggilnya penjaga gawang Munchen yang masih belum sembuh sepenuhnya dari cedera, Manuel Neuer. Jadi, Joachim Low memanggil empat kiper sekaligus yakni Bern Leno, Ter Stegen, Kevin Trapp dan juga Manuel Neuer. Low nampaknya masih berharap jika Neuer bisa sembuh tepat waktu.

Nama terkenal lain yang tak dibawa oleh Joachim Low adalah bek Arsenal, Shkodran Mustafi. Di ajang Euro 2016 lalu, Mustafi merupakan salah satu pemain kunci bagi Jerman. Namun untuk Piala Dunia 2018 ini, Mustafi tak dibawa oleh Low. Nampaknya permainan buruk Mustafi bersama dengan Arsenal musim ini menjadi alasan utamanya. Low bahkan lebih memilih Jerome Boateng yang sampai saat ini masih bermasalah dengan cedera.

Comments are closed