Home Sweet Home

Home Sweet Home

Liga Perancis

Performa cukup positif berhasil ditorehkan oleh Olympique Marseille pada awal musim kompetisi 2018/19 Ligue 1 ini, berhasil menempati posisi di papan atas tabel klasemen sementara membuat mereka masih memiliki peluang untuk memperebutkan gelar juara tentunya. Beberapa nama memiliki andil besar dalam memberikan kontribusi maksimal pada tim, Kostas Mitroglou, Dimitri Payet, Luiz Gustavo dan Florin Thauvin merupakan beberapa nama yang mencolok dalam skuad asuhan Raul Garcia ini.

Nama terakhir menjadi lebih bermakna mengingat pada awal musim kompetisi 2015/16 pemain berkebangsaan Prancis ini memberanikan diri untuk hijrah ke kompetisi yang diisi pemain-pemain bintang, Premier League. Dan Newcastle United merupakan tim pertama yang dia singgahi guna menjajaki kompetisi yang konon menjadi salah satu terbaik di dunia ini. Namun yang terjadi adalah Thauvin hanya bisa memberikan 13 penampilan dan hanya tiga kali saja bisa memulai laga semenjak menit awal.

Catatan buruk tersebut disertai dengan torehan gol yang nihil dan justru membuahkan satu kartu kuning, melihat mantan pemainnya tidak bisa berkembang di tanah Inggris. Pihak manajemen Marseille kemudian memberikan tawaran peminjaman dengan opsi pembelian penuh di akhir musim, dari 14 kali bermain dua gol berhasil diberikan dari masa pertama peminjaman. Kemudian pada musim 2016/17 silam masa peminjaman habis membuat Thauvin harus kembali ke Newcastle United.

Dan skuad yang kala itu sudah dilatih oleh Rafael Benitez semakin kehilangan tempat utama bagi pemain berusia 25 tahun ini, tidak pernah mencatatkan sekalipun pertandingan dan tentu saja nihil gol membuat pemain satu ini geram serta memilih untuk kembali ke rumahnya, Marseille. Dan awal musim 2016/17 dengan berhasil mencatatkan 38 penampilan serta diberikan kepercayaan oleh sang pelatih Raul Garcia, Thauvin berhasil membayar dengan mencetak total 15 gol.

Pada musim 2017/18 pun Thauvin berhasil memberikan kontribusi maksimal pada tim dengan torehan 22 gol dari 35 laga, hal ini membuat kepercayaan diri Thauvin meningkat kembali dan mendapat satu tempat pasti di jajaran pemain utama Marseille. Dan akhirnya pada awal musim ini, pemain yang memiliki gaya rambut Mohawk ini berhasil memberikan kontribusi enam gol dari tujuh laga saja. Hal ini tentu akan membatu tim dalam bersaing di papan atas tabel klasemen sementara Ligue 1 Prancis.