manchester city stadium

Manchester City mengakali aturan fair play UEFA?

Berita Bola
manchester city stadium
manchester city stadium

UEFA sampai saat ini masih menolak untuk mengungkapkan apakah Manchester City (MC) akan menerima hukuman atas tindakan petinggi MC yang mengakali aturan fair play UEFA.

Tim sekota Manchester United ini dalam pengawasan UEFA menyusul dibocorkannya email internal MC oleh media terkenal Jerman, Der Spiegel. Dalam laporan tersebut disebutkan jika sang pemilik klub menyalurkan dana besar dengan cara mengakalinya melalui kesepakatan sponsor via Abu Dhabi agar tidak melanggar aturan financial fair play (FPP).

Sebelumnya pada tahun 2014, City sudah pernah dihukum karena melanggar aturan ini yang berakibat pada diberikannya hukuman denda sebesar 49 juta Poundsterling, memaksa City untuk melepas empat pemain dari skuad mereka.

Der Spiegel mengklaim modus yang dilakukan CIty agar tidak melewati batas finansial yang ditetapkan oleh UEFA, pemilik City melalui perusahaan Abu Dhabi United Group, menyalurkan dana ke klub dalam bentuk kesepakatan kontrak sponsor bernilai besar dengan beberapa perusahaan yang berbasis di Abu Dhabi.

Ketika City menerima hukuman, UEFA menyuarakan keprihatinannya mengenai besarnya nilai kesepakatan yang diterima klub dan meyakini hal tersebut adalah hasil mark up yang diluar kewajaran.